Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DOWNLOAD EXCEL RAB RUMAH TINGGAL TERBARU

DOWNLOAD EXCEL RAB RUMAH TINGGAL TERBARU

Rencana Anggaran Biaya atau sering disebut RAB merupakan perhitungan meyeluruh semua pengeluaran yang akan terjadi.
RAB pada suatu proyek pembangunan rumah tinggal harus memperhitungkan seluruh pekerjaan yang dibutuhkan dari pekerjaan persiapan sampai bangunan tersebut selesai utuh tanpa kurang suatu hal apapun.

Dalam menyusun RAB secara utuh butuh apa saja?
Berikut ini urutan susunan RAB yang diperlukan :
1. Backup Data
Backup data berisi perhitungan masing-masing volume pekerjaan. Mulai dari pekerjaan persiapan hingga pekerjaan finishing.

2. Perhitungan Tulangan atau Pembesian
Berisi perhitungan tulangan untuk kolom, sloof, dan ringbalk secara mendetail. Sebenarnya perhitungan Tulangan bisa langsung dimasukkan ke dalam Backup Data, namun agar tidak bingung, saya pisahkan keduanya.

3. Harga Bahan dan Upah
Berisi daftar harga bahan bangunan serta upah pekerja yang dipakai dalam proyek pembangunan. Pada bagian ini, teman-teman bisa menyesuaikan harga sesuai dengan daerah masing-masing. Karena harga bahan bangunan dan upah pekerja di setiap daerah mungkin berbeda-beda.

4. Analisa Harga Satuan Pekerjaan
AHSP berisi harga per satuan pekerjaan. Misalnya memasang pasangan bata membutuhkan bahan-bahan seperti : bata, portland semen, pasir dan membutuhkan pekerja. Nah dari harga bahan dan upah pekerja dikalikan dengan koefisien maka akan ketemu Analisa Harga Satuan Pekerjaannya.

5. RAB
Nah setelah teman-teman sudah menghitung volume pekerjaan saat backup data dan menghitung analisa harga satuan pekerjaan, maka di bagian Rencana Anggaran Biaya ini teman-teman tinggal mengkalikan antara volume dengan AHSP, sampai di sini teman-teman sudah mendapatkan biaya yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut. Lakukan hal ini untuk semua pekerjaan yang dihitung hingga akhir.

6. Rekapitulasi
Rekapitulasi pekerjaan berisi rekap pekerjaan dari RAB beserta harganya, lalu dijumlahkan semua hingga mendapatkan biaya total dari seluruh pekerjaan.

7. Kurva S
Disini teman-teman merencanakan jadwal pelaksanaan pekerjaan. Misalnya pada minggu pertama mengerjakan galian tanah dan pondasi, minggu kedua mengerjakan sloof dan kolom, dan seterusnya. Yang perlu diperhatikan disini yaitu teman-teman harus menrencanakannya dengan seefektif mungkin agar memperoleh grafik yang pas dengan batas akhir waktu selesainya proyek.

Silakan download file excel Rencana Anggaran Biaya melalui link di bawah ini.

6 komentar untuk "DOWNLOAD EXCEL RAB RUMAH TINGGAL TERBARU"

  1. terimakasih untuk semua ilmu yang dibagikan, luarbiasa

    BalasHapus
  2. Saya ucapkan banyak terima kasih atas free download RABnya. Semoga Allah SWT memberikan pahalaNya yang terbaik kepada pemilik Web ini.

    BalasHapus
  3. semenya mana ya dibahan kok gk ada

    BalasHapus
  4. kak boleh minta gambar kerjanya juga?

    BalasHapus
  5. Bung bisa minta analisa pekerjaan pintu rumah tahanan yang memakai besi hollow

    BalasHapus